Analisis Teks dalam AWK Model Kognisi Sosial van Dijk Meliputi Tiga Lapisan Ini

Analisis teks dalam AWK model kognisi sosial yang dicetuskan van Dijk mencakup tiga elemen wacana, yaitu (i) struktur makro, (ii) superstruktur, dan (iii) struktur mikro. Ketiga elemen tersebut merupakan satu kesatuan. Struktur makro terepresentasi dalam superstruktur dan struktur mikro. Ketiganya tidak bisa bertentangan satu sama lain.

Struktur makro merupakan makna global dari suatu teks. Yang diamati adalah tema atau topik dari teks tersebut. Topik tersebut merupakan inti dari yang ingin disampaikan produsen wacana. Inti teks tersebut berupa simpulan tentang sikap produsen teks tentang hal yang dibahas dalam teks. Misalnya, ada teks berita tentang kenaikan harga BBM. Setelah membaca teks tersebut, didapatkan simpulan sikap teks itu mendukung kenaikan harga BBM.

Superstruktur merupakan skema atau kerangka teks. Topik dari sebuah teks dijabarkan produsennya dalam skema tertentu. Skema tersebut berkaitan dengan penataan subtopik-subtopik menjadi sebuah bangunan teks yang utuh. Penataan itu tampak dalam bagian yang dikedepankan dan yang ditaruh di bagian akhir, bahkan tentang bagian yang tidak ditampilkan sama sekali.

Misalnya, kembali pada contoh kenaikan harga BBM tadi, produsen teks dalam rangka menyatakan sikap mendukung kenaikan harga BBM mengedepankan alasan-alasan logis harga BBM harus naik dan dampak buruk yang harus dialami negara dan masyarakat jika harga tidak dinaikkan. Sementara itu, fakta atau opini tentang dampak dan ketidaksetujuan terhadap kenaikan harga BBM ditaruh di bagian belakang teks atau bahkan tidak disampaikan sama sekali.

Struktur mikro berkaitan dengan aspek-aspek kebahasaan yang lebih kecil seperti gugus kalimat, kalimat, klausa, frasa, dan kata, hingga bentuk-bentuk ekspresif seperti metafora. Sebagai contoh, fakta tentang kenaikan harga BBM dapat diungkapkan dengan kalimat Harga minyak dunia memicu kenaikan harga BBM dalam negeri dan dilabeli dengan frasa penyesuaian harga untuk menyatakan topik mendukung kenaikan harga BBM.

Penulis: Sony Christian Sudarsono | Editor: Benedikta Haryanti

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


204 views