Resolusi, Niat, dan Tahun Baru

Resolusi merupakan kata yang sangat populer pada setiap perayaan tahun baru, tak terkecuali di Indonesia. Sampai pukul 22.00 WIB hari ini saja, sudah lebih dari 12 ribu kiriman di Instagram yang memakai tagar #resolusi2020. Uniknya, jumlah tersebut lebih banyak daripada penggunaan tagar #2020resolution atau #resolution2020 yang hanya sekitar 6 ribuan kiriman.

Kata resolusi diserap dari kata resolution yang dalam Kamus Oxford berarti ‘a firm decision to do or not to do something’ atau ‘sebuah putusan teguh untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu’. Makna tersebut belum terekam dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI memaknai resolusi sebagai ‘putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntunan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang)’. Makna tersebut juga terekam dalam Kamus Oxford.

Mungkin, belum terekamnya makna ‘putusan teguh untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu’ dalam lema resolusi di KBBI disebabkan oleh adanya kata lain yang maknanya mirip. Dalam bahasa Indonesia, kata yang memiliki makna yang dekat dengan resolusi adalah niat. Niat adalah kehendak untuk melakukan (atau tidak melakukan) sesuatu.

Dilihat dari asal-usul katanya, kata resolution diturunkan dari kata dalam bahasa Latin resolutio yang berasal dari kata kerja resolvere yang berarti ‘melonggarkan’ atau ‘mengeluarkan’. Kata resolution juga memiliki hubungan makna dengan kata solve yang berarti ‘mengatasi (masalah)’. Dengan demikian, sebuah resolusi berawal dari sebuah masalah dan resolusi dikeluarkan untuk menyelesaikan masalah.

Mengapa banyak orang merumuskan sebuah resolusi untuk menyelesaikan masalah pada tahun baru? Bukankah seharusnya resolusi bisa dibuat kapan saja?

Sepertinya, manusia memerlukan sebuah momentum atau waktu yang tepat untuk berubah. Waktu tersebut akan menjadi titik awal yang mudah diingat dan bermakna. Di sisi lain, tahun baru sepertinya memenuhi syarat tersebut.

Tahun baru jelas mudah diingat karena setiap tahun selalu dimulai dengan perayaan 1 Januari tersebut. Sementara itu, tahun baru juga bermakna khusus karena sering dipakai sebagai awal lembaran baru dalam kehidupan.

Apa pun resolusi atau niat baik yang sudah ditentukan pada tahun ini semoga terwujud. Selamat Tahun Baru 2020.

Penulis: Sony Christian Sudarsono | Editor: Benedikta Haryanti

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


29 views