Apa Itu Linguistik?

Kata linguistik dalam bahasa Indonesia merupakan padanan kata dari bahasa Inggris, yaitu linguistics. Kata linguistics itu sendiri berkaitan dengan kata lingual yang berakar dari kata lingua dalam bahasa Latin.

Kata lingua antara lain berarti ‘lidah’ dan ‘bahasa’. Apa kaitan lidah dengan bahasa? Jika diperhatikan salah satu alat ucap manusia yang berperan penting dalam menghasilkan bunyi bahasa adalah lidah.

Akhiran –ics dalam bahasa Inggris berakar dari akhiran –iques dalam bahasa Perancis dan -ica dalam bahasa Latin serta –ikos dalam bahasa Yunani. Akhiran –ics memiliki arti ‘berkaitan dengan seni dan ilmu’. Akhiran tersebut dapat disejajarkan dengan akhiran –logy yang juga berarti ‘ilmu’.

Dengan demikian, linguistik dapat dikatakan sebagai ilmu bahasa. Linguistik adalah ilmu yang mengkaji bahasa yang dalam hal ini merupakan bahasa manusia. Mengkaji bahasa berarti menganalisis/menguraikan masalah-masalah kebahasaan hingga ditemukan sebuah kebenaranberupa pengetahuan tentang bahasa. Mengkaji bahasa bukan berarti mempelajari suatu bahasasehingga si pemelajar mampu berbahasa.

Sebagai catatan tambahan, penyebutan ilmu linguistik dapat dikatakan tidak efektif. Pasalnya, dalam kata linguistik sudah terkandung makna ilmu.

Penulis: Sony Christian Sudarsono | Editor: Benedikta Haryanti

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*